Wednesday, September 23, 2009

Ajar Joanne Pasar Modal


Saya ajarin anak saya Joanne 10 Tahun soal Pasar Modal.


Joanne beli +100 Saham MGM karena Break-High di 13.57 dengan LIVE Money di TOS.



Pertemuan Alumni MEDAN, Jumat 18 Sep 2009 Garuda Plaza

Rabu, 23 Sep 2009
Jam 21:46

Kami baru saja pulang dari Anyer dan saat singgah di Karawaci siang tadi Joanne sdh
cari Robot yang dia mau. Saya sdh janji akan ajar dia ilmu Pasar Modal dan pake uang
dari sana untuk beli Robot yang dia mau senilai Rp. 4.000.000

Ini yang saya lakukan:
Saya ajarin Joanne soal Mata Uang $1 = Rp. 10.000
Dia perlu Rp. 4.000.000. Karena sdh biasa dengan KUMON dia jawab itu sama dengan $400!

Saya minta dia buka Finance.Google.Com
lalu ketik McDonald, Nokia, Coca-Cola, Apple, Research In Motion, Mirage
Joanne balajar Kode Ticker! MCD, NOK, KO, AAPL, RIMM, MGM
Saya bilang, kalo mau beli saham harus tahu kode ticker.

Kemudian, saya ajarin konsep 'Break High' Saya coret2 di kertas agar dia ngeti konsepnya
lalu saya kasih lihat Chart 6 Bulan di Google cari saham Up-Trend.

Saya tanamkan konsep Break High dan dia bisa ngerti dan langsung nyeletuk,
Saham tidak ada yang garis lurus tapi seperi gergaji dan arah ke atas! Bravo, she understand!

Saya siapkan dana $2.000 dan yang Break High AAPL, RIMM & MGM
Joanne lakukan Transaksi: dia Ke menu Trade, Ketik MGM, Click ASK, Send!
MGM Filled di 13.57

Lalu saya bawa dia ke Monitor, Create Closing Sale.
Sell di Limit 13.57 + 4 = 17.57 (Dapat Robot)
Joanne langsung nyeletuk lagi, ini 'AUTO - Pilot' karena dia sering masuk
kelas training saat saya ngajar dan dengar apa yang saya katakan.

Saya katakan setiap pagi sebelum ke sekolah agar di buka PC
dan cek ke Google.Finance. Jika MGM sampe 17.57 dia boleh minta saya
beliin Robot yang dia mau.


Peter

No comments:

Post a Comment